Pengacara Tomy Winata Ngamuk, Hakim PN Jakpus Dipukul, MA: Itu Pidana!

infosaudara.com Pemukulan yang dilakukan oleh pengacara Tomy Winata, Desrizal terhadap hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) Mendapat sorotan. Mahkamah Agung (MA) menyesalkan hal tersebut sembari mengatakan siapa pun harusnya menghormati proses persidangan.

“Terlepas apapun putusan di dalam forum persidangan pengadilan, siapa pun harus hormat ke persidangan,” kata Jubir MA Andi Samsan Ngaro di MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jumat (19/7/2019).

Dirinya prihatin peristiwa itu dilakukan oleh pengacara. Sosok yang seharusnya mengerti hukum. Menurut Andi, bila tidak puas dengan putusan hakim, masih ada upaya hukum.

Andi menyebut tindakan tersebut masuk ranah pidana. “Sudah masuk tindakan pidana ke hakim yang melaksanakan tugas, sehingga merupakan tindak pidana,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Desrizal melakukan penyerangan terhadap dua hakim PN Jakpus, yakni Sunarso dan hakim anggota Duta Baskara di PN Jakpus, Jalan Bungur, Kemayoran, Jakpus, Kamis (18/7). Penyerangan terjadi di tengah hakim membacakan putusan atas perkara perdata bernomor 223/Pdt.G/2018/PN Jkt.Pst.

Tidak terima dipukul, Sunarso lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro Jakarta Pusat. Polisi pun bertindak cepat dengan meningkatkan status Desrizal sebagai tersangka kasus pemukulan terhadap hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo pada Jumat (19/7) mengatakan Desrizal diperiksa sebagai tersangka. “Siang ini sudah diperiksa sebagai tersangka,” ungkapnya singkat. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *